Medan (SiBoge) – Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirtanadi Ardian Surbakti menegaskan komitmennya untuk meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat sekaligus menurunkan tingkat kehilangan air atau Non-Revenue Water (NRW) yang saat ini masih tergolong tinggi mencapai 40 persen.

Upaya tersebut akan dilakukan melalui langkah teknis dan non-teknis serta didukung keterbukaan informasi kepada publik.

“Saat ini tantangan terbesar kami adalah tingginya tingkat kehilangan air. Di beberapa wilayah, angkanya bahkan mencapai sekitar 40 persen. Ini menjadi fokus utama kami untuk segera diturunkan,” ujarnya dalam pertemuan bersama Pengurus dan Anggota Forum Wartawan Tirtanadi (Forwadi)
di Aula kantor Perumda Tirtanadi, Jalan SM Raja Medan, Kamis (18/12/2025).

Ia menegaskan, seluruh jajaran direksi dan tim tengah menyiapkan berbagai langkah konkret guna mengatasi persoalan tersebut.

“Penanganan kehilangan air ini kami lakukan melalui pendekatan teknis maupun non-teknis. Semua sedang kami siapkan agar hasilnya bisa optimal,” katanya.

Selain pembenahan internal, Ardian juga menekankan pentingnya kolaborasi dengan media dalam menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat.

“Kami sangat berharap bisa berkolaborasi dengan rekan-rekan wartawan. Sebab media memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi yang benar, berimbang, dan membangun,” ucapnya.

Menurutnya, keterbukaan informasi menjadi kunci untuk mencegah kesalahpahaman di tengah-tengah masyarakat.

“Kami berkomitmen membuka ruang informasi seluas-luasnya agar masyarakat mendapatkan informasi yang tepat dan akurat,” lanjut Ardian.

Terkait bencana banjir yang sempat melanda sejumlah wilayah, Ardian Surbakti mengakui pelayanan air bersih sempat terganggu akibat terdampaknya beberapa instalasi pengolahan air yang terendam.

“Banjir kemarin sempat mengganggu pelayanan karena ada instalasi yang terdampak. Namun kami bergerak cepat agar pelayanan bisa kembali normal,” jelasnya.

Ke depan, Tirtanadi berupaya meningkatkan keandalan sistem pelayanan agar tetap berjalan meski di tengah kondisi cuaca ekstrem.

“Kami ingin memastikan pelayanan air bersih kepada masyarakat tetap berjalan dan tidak terlambat,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Forwadi Ahmad Rivai Parinduri mengucapkan terimakasih kepada Dirut Perumda Tirtanadi Ardian Surbakti. Dimana ditengah-tengah kesibukannya masih menyempatkan diri untuk bertemu dengan Forwadi.

Dikatakan Rivai, pertemuan ini merupakan ajang silaturahmi antara Direksi Perumda Tirtanadi dengan pengurus dan anggota Forwadi.

“Dimana selama ini kita selalu bertanya-tanya di group WA, kapan bisa bertemu dengan jajaran Direksi Perumda Tirtanadi, dan inilah saatnya kita bersilaturahm,”ungkap Rivai.

Mudah-mudahan melalui ajang silaturahmi ini, hubungan antara
Dirut Perumda Tirtanadi dengan Forwadi menjadi dekat, sehingga tidak canggung lagi bila ketemu di lapangan.

Dalam kesempatan ini Rivai juga berhahap Perumda Tirtanadi terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *